Rumus Menghitung CAC yang Harus Marketer Ketahui
Banyak perusahaan menggunakan rumus customer acquisition cost (CAC) untuk menentukan biaya pemasaran dan pengeluaran mereka untuk memperoleh pelanggan baru selama suatu periode.
Rumus CAC menyediakan data penting bagi perusahaan yang membantu dalam pengambilan keputusan untuk berbagai proses pemasaran dan periklanan.
Mempelajari cara menggunakan rumus customer acquisition cost dapat membantu Anda menghitung berapa banyak yang dihabiskan perusahaan untuk menarik dan mendapatkan pelanggan baru.
Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu rumus customer acquisition cost, bagaimana cara menggunakannya, dan manfaat apa yang diberikan oleh rumus tersebut bagi perusahaan di industri apa pun.
Apa yang dimaksud dengan rumus customer acquisition cost?
Rumus ini menentukan total biaya yang dibutuhkan bisnis untuk mengakuisisi pelanggan, secara rata-rata. Menghitung CAC memungkinkan bisnis untuk menemukan biaya rata-rata yang terkait dengan pemasaran dan mendapatkan pelanggan baru.
Rumus ini melibatkan dua metrik yang dapat memberikan wawasan tentang proporsi berapa banyak yang dihabiskan perusahaan untuk mendapatkan pelanggan baru dan pendapatan yang dihasilkan oleh pelanggan tersebut.
Rumus ini membagi total biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk mendapatkan pelanggan, yang sering kali mencakup biaya penjualan dan pemasaran, dengan jumlah total pelanggan yang diperoleh perusahaan selama suatu periode. Rumus CAC terlihat seperti ini:
CAC = Total biaya penjualan dan pemasaran / Jumlah pelanggan baru
Perusahaan sering menggunakan rumus customer acquisition cost untuk setiap periode akuntansi mereka untuk melacak berapa banyak yang dibelanjakan per pelanggan dari waktu ke waktu.
Sebagai contoh, sebuah perusahaan dapat menggunakan rumus tersebut untuk menentukan pengeluarannya untuk semua aktivitas penjualan dan pemasaran untuk setiap pelanggan yang diperolehnya selama satu bulan. Metrik ini penting bagi perusahaan untuk mengembangkan pelanggannya sekaligus memastikan perusahaan tetap menguntungkan.
Baca juga: Pengertian Customer Acquisition Cost dan Cara Efisiensinya
Cara menggunakan rumus customer acquisition cost
Untuk menggunakan rumus CAC dan menginterpretasikan hasilnya dengan benar, Anda dapat memperoleh manfaat dari memahami berbagai metrik kampanye periklanan web dan perusahaan berbasis internet. Ini termasuk metrik seperti cost per click (CPC) atau biaya per 1.000 tayangan (CPM).
Untuk menerapkan rumus customer acquisition cost, Anda dapat mengikuti empat langkah berikut:
1. Tentukan berapa banyak yang dihabiskan perusahaan Anda untuk kegiatan pemasaran
Total biaya yang terkait dengan penjualan dan pemasaran dapat mencakup empat metrik berikut:
- Biaya iklan dan promosi
- Biaya pemasaran digital
- Gaji untuk tim pemasaran dan penjualan
- Semua biaya overhead yang terkait dengan penjualan
Anda dapat menghitung masing-masing biaya ini sesuai dengan periode tertentu yang ingin Anda ukur. Beberapa bisnis dan organisasi menghitung customer acquisition cost setiap bulan, sementara yang lain mungkin melakukannya hanya setiap kuartal bisnis.
Sebagai contoh, sebuah bisnis teknologi mungkin memutuskan untuk menghitung CAC setiap bulan. Pada bulan terakhir, bisnis tersebut menambahkan semua pengeluarannya untuk berbagai proses pemasarannya, yang totalnya mencapai 2.500.000. Dengan mengetahui hal ini, bisnis dapat mengganti angka ini ke dalam bagian pertama dari rumus CAC.
2. Hitung jumlah total pelanggan
Setelah Anda menemukan jumlah total yang dihabiskan perusahaan untuk biaya penjualan dan pemasaran, Anda dapat menentukan jumlah total pelanggan baru yang diperolehnya selama periode yang sama.
Sebagai contoh, perusahaan teknologi yang sama dapat meninjau data pelanggannya dari bulan sebelumnya untuk menentukan bahwa perusahaan tersebut mendapatkan 13 pelanggan pada periode tersebut. Kemudian perusahaan tersebut dapat mengganti angka ini ke dalam bagian kedua dari rumus CAC.
Baca juga: Pengertian Trafik Organik dan Pentingnya Bagi Bisnis Anda
3. Membagi biaya pemasaran dengan jumlah pelanggan
Setelah Anda memiliki semua nilai untuk rumus tersebut, Anda dapat membagi total biaya pemasaran dengan jumlah total pelanggan baru untuk periode tersebut.
Dengan menggunakan perusahaan teknologi, profesional keuangannya dapat membagi total biaya pemasaran sebesar 2.500.000 dengan 13 pelanggan baru yang diperolehnya dalam satu bulan terakhir.
Rumusnya akan terlihat seperti ini:
- CAC = Total biaya penjualan dan pemasaran / Jumlah pelanggan baru
- CAC = 2.500.000 / 13
- CAC = 192.300
4. Mengevaluasi hasil
Setelah Anda menemukan hasilnya, Anda dapat menentukan apakah customer acquisition cost perusahaan sebanding dengan keuntungannya.
Jika perusahaan menentukan bahwa mereka menghabiskan terlalu banyak biaya untuk mendapatkan pelanggan baru, perusahaan dapat menerapkan atau melakukan berbagai perbaikan untuk merampingkan prosesnya.
Sebagai contoh, perusahaan mungkin menentukan bahwa strategi pemasaran tertentu tidak memberikan hasil yang kuat dari target pasarnya, sehingga perusahaan dapat mengurangi jumlah biaya yang dihabiskan untuk proses tersebut.
Baca juga: Tips Untuk Mengetahui Psikologi Pembeli dalam Bisnis
Manfaat menggunakan rumus customer acquisition cost
Rumus CAC dapat menjadi alat yang berharga bagi perusahaan untuk mengevaluasi efisiensi strategi akuisisi pelanggan mereka. Berikut adalah empat manfaat menghitung customer acquisition cost menggunakan rumus tersebut:
Memungkinkan perusahaan untuk mengevaluasi dan meningkatkan profitabilitas
Ketika mengevaluasi total pengembalian investasi pemasaran, Anda dapat mengidentifikasi di mana Anda dapat melakukan perbaikan untuk meningkatkan profitabilitas.
Dengan menganalisis CAC perusahaan, Anda dapat menentukan apakah biaya pemasaran lebih kecil atau lebih besar dari nilai total per pelanggan.
Jika Anda menemukan bahwa biaya untuk memasarkan dan menjual ke pelanggan baru lebih besar daripada pendapatan yang dihasilkan perusahaan, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan profitabilitas outlet pemasaran dan iklannya.
Memberikan wawasan tentang return on investment (ROI)
Salah satu penggunaan yang paling bermanfaat dari rumus customer acquisition cost adalah wawasannya tentang ROI atau return on investment perusahaan.
Memahami CAC dapat memberikan gambaran yang lebih baik tentang berapa banyak yang diperoleh perusahaan setelah mengeluarkan biaya untuk saluran pemasaran dan strategi untuk menarik dan mengonversi pelanggan. Informasi ini sangat penting untuk memahami profitabilitas bisnis dan membuat keputusan yang tepat.
Baca juga: Mengetahui KPI dalam Proses Social Media Marketing
Memperlihatkan strategi pemasaran mana yang memiliki kinerja terbaik
Memahami berapa banyak yang dihabiskan bisnis untuk menjangkau dan mendapatkan pelanggan baru dapat membantu menentukan saluran pemasaran mana yang paling efektif.
Sebagai contoh, sebuah bisnis dapat menggunakan tiga metode periklanan untuk menjangkau klien potensial.
Meskipun ketiga iklan tersebut memiliki biaya yang sama yaitu 50.000, jika hanya satu iklan yang berhasil dan mengonversi klien, bisnis dapat memilih untuk menghilangkan dua iklan lainnya dan mengembangkan metode yang lebih efektif.
Pendekatan ini juga membantu bisnis mencegah biaya yang tidak perlu untuk strategi yang tidak efektif.
Membantu menentukan di mana mengalokasikan sumber daya pemasaran
CAC membantu perusahaan mengidentifikasi strategi yang paling efektif sebagai model pemasaran inti untuk difokuskan dan diimplementasikan.
Formula ini membantu Anda memahami sumber daya apa yang akan digunakan, di mana mengalokasikannya, dan berapa banyak yang harus digunakan untuk menutupi biaya.
Sebagai contoh, sebuah bisnis dapat menggunakan rumus ini untuk mengelola sumber dayanya secara efisien, menyalurkannya ke metode pemasaran yang paling efektif.
Baca juga: Mengenal Apa itu Bounce Rate dalam Pengelolaan Website
Kesimpulan
CAC adalah biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memperoleh pelanggan baru. Artikel ini menjelaskan definisi CAC, faktor-faktor yang mempengaruhi CAC, dan pentingnya penghitungan CAC. Selain itu, artikel ini juga memberikan langkah-langkah untuk menghitung CAC dan contoh perhitungan.
Selanjutnya, kita juga membahas tentang bagaimana CAC dapat membantu bisnis dalam pengambilan keputusan dan cara mengoptimalkan CAC. Namun, ada juga faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan penggunaan CAC, seperti keterbatasan penggunaan dan ketergantungan pada CAC.
Dalam kesimpulan, penghitungan CAC dapat membantu perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih efektif dan efisien. Namun, perlu diingat bahwa CAC bukanlah satu-satunya faktor dalam keberhasilan bisnis. Perusahaan harus mempertimbangkan faktor-faktor lain seperti retensi pelanggan dan nilai pelanggan sebelum mengambil keputusan yang lebih besar.