Cara Menghitung dan Mengoptimasi Conversion Rate
Keberhasilan bisnis online diukur oleh banyak faktor. Conversion rate yang tinggi adalah salah satu faktor yang berkontribusi pada bisnis yang berkembang. Ini memberi tahu Anda bahwa strategi pemasaran dan desain web Anda bekerja sama dengan cara yang positif. Dalam artikel ini, kami membahas cara menghitung, melacak, dan mengoptimalkan conversion rate untuk menghasilkan prospek dan meningkatkan pendapatan.
Apa yang dimaksud dengan conversion rate?
Conversion rate perusahaan membantu menentukan keberhasilan di balik upaya penjualan dan pemasarannya. Metrik penting dalam pemasaran online ini memberikan wawasan numerik di balik frekuensi pengunjung situs web dan tindakan lain dalam bentuk persentase. Pemilik bisnis mungkin memiliki banyak jenis tujuan konversi yang ingin mereka capai.
Baca juga: 8 Cara untuk Meningkatkan Trafic Website yang Tertarget
Jenis konversi
Jenis konversi yang umum ini mudah diukur begitu Anda memiliki data di depan Anda. Setelah Anda mengumpulkan data, Anda akan siap untuk menghitung conversion rate. Beberapa jenis konversi meliputi:
- Belanja online
- Permintaan informasi
- Panggilan bisnis
- Pembuatan akun
- Pengunduhan aset digital
- Keterlibatan situs
- Pendaftaran newsletter
Jenis-jenis conversion rate
Setelah Anda menerima lalu lintas ke situs Anda, Anda dapat memisahkan metrik sesuai dengan jenis conversion rate yang ingin Anda ketahui. Berikut adalah dua conversion rate yang paling umum:
- Conversion rate pengunjung baru
- Conversion rate pengunjung kembali
Dengan mengisolasi metrik lalu lintas situs Anda, Anda akan mendapatkan tampilan terperinci tentang seberapa baik strategi pemasaran Anda berfungsi.
Conversion rate pengunjung baru
Conversion rate ini dihitung dengan hanya melihat pengunjung baru atau pengunjung yang berinteraksi dengan situs Anda untuk pertama kalinya. Kemudahan navigasi, kejelasan konten, dan nilai situs secara keseluruhan memengaruhi tingkat ini.
Conversion rate pengunjung kembali
Ketika seseorang kembali ke situs web, mereka mungkin kembali untuk menyelesaikan transaksi atau mempelajari lebih lanjut tentang perusahaan Anda.
Pengunjung yang kembali sering kali siap untuk melakukan konversi karena pengguna situs ini telah menemukan Anda sekali. Jika waktu penawaran tepat, mereka kemungkinan akan membeli barang yang mereka lihat pertama kali.
Baca juga: Conversion Rate Optimization: Pengertian dan Cara Melakukannya
Cara menghitung conversion rate
Menghitung conversion rate adalah proses yang cukup sederhana yang mengikuti rumus dasar. Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat Anda ambil untuk menghitung konversi dalam kaitannya dengan pembelian di situs e-commerce:
Penjelasan langkah demi langkah tentang perhitungan conversion rate
- Gunakan rumus ini sebagai titik referensi: Conversion rate = konversi / total pengunjung x 100
- Bagilah jumlah total konversi dengan jumlah total pengunjung ke situs Anda.
- Kalikan angka ini dengan 100.
- Angka yang Anda dapatkan adalah conversion rate Anda.
- Bulatkan jika diperlukan, lalu tambahkan tanda persentase.
Contoh langkah demi langkah perhitungan konversi:
- Bisnis Anda memiliki 181 orang yang memesan poster konser di situs Anda dari 12.355 pengunjung situs.
- Bagilah 181 dengan 12.355 untuk mendapatkan 0,01464994.
- Kalikan 0,01464994 dengan 100 untuk mendapatkan 1,46499393.
- Bulatkan jika perlu. Dalam hal ini, angka Anda tetap pada 1,46.
Conversion rate akhir Anda adalah 1,46%.
Conversion rate dapat dihitung secara manual atau melalui bantuan alat analisis online. Berikut adalah beberapa contoh tambahan tentang bagaimana variabel rumus conversion rate dapat berbeda tergantung pada bagaimana bisnis mengukur keberhasilan:
- Conversion rate = jumlah total konversi / jumlah total sesi x 100
- Conversion rate = jumlah total konversi / jumlah total pengunjung unik x 100
- Conversion rate = jumlah total konversi / jumlah total prospek x 100
Menentukan rumus mana yang terbaik untuk Anda tergantung pada tujuan akhir Anda. Misalkan Anda memiliki situs online yang menjual kaus kaki yang dipersonalisasi. Tujuan utama Anda adalah memastikan bahwa orang menemukan situs Anda dan membeli kaus kaki Anda. Anda telah membuat corong penjualan yang akan membawa mereka ke keranjang belanja virtual untuk pembelian akhir.
Baca juga: 15 Layanan Email Marketing Terbaik di Tahun 2022
Contoh penghitungan conversion rate
Jika Anda memiliki 55.000 pengunjung unik ke situs Anda bulan lalu dan akhirnya menjual kaus kaki yang dipersonalisasi kepada 800 orang, Anda akan memiliki conversion rate 1,45%. Persamaannya seperti ini:
55,000 / 800 x 100 = 1.45%
Bagaimana Anda tahu jika conversion rate Anda dianggap baik menurut standar industri? Sebagian besar halaman perolehan prospek tidak melampaui conversion rate 12%, jadi jika Anda berada pada atau di atas itu, bisnis Anda berjalan dengan baik.
Baca juga: Customer Lifetime Value (CLV): Pengertian, Rumus dan Contohnya
Bagaimana cara melacak conversion rate?
Menghitung conversion rate tidak selalu tentang pembelian akhir. Anda mungkin ingin melacak jumlah orang yang mendaftar untuk buletin Anda atau jumlah prospek yang dihasilkan dari eBook gratis yang dibuat tim Anda.
Sebagian besar perusahaan mengikuti rejimen pelacakan mingguan atau bulanan untuk tetap fokus pada tujuan konversi mereka. Meningkatkan conversion rate adalah prioritas utama dalam pemasaran digital karena lebih banyak uang untuk bisnis berkontribusi pada kesuksesan perusahaan secara keseluruhan.
Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk metode pelacakan:
- Layanan analisis web
- Rekaman sesi dan alat replay
- Heatmaps
- Survei kepuasan
Melacak konversi membantu Anda tetap tahu ketika menerapkan strategi pemasaran, yang juga membantu Anda mendapatkan keunggulan kompetitif atas orang lain dalam bisnis yang mungkin tidak memperhatikan metrik.
Pertimbangkan untuk mempekerjakan pengembang web berpengalaman untuk membantu Anda dengan analitik jika Anda tidak yakin bagaimana cara melacak metrik dengan benar dalam platform online.
Layanan analisis web
Beberapa platform online menawarkan alat bantu gratis untuk bisnis yang membantu melacak konversi mereka, bukan melalui proses manual yang memakan waktu. Mereka melacak dan melaporkan lalu lintas situs web di satu tempat yang mudah ditemukan.
Rekaman sesi dan alat replay
Beberapa pemasar telah menemukan informasi berharga mengenai pengalaman pengguna dengan menerapkan alat perekaman dan pemutaran ulang sesi di situs mereka.
Dengan mengamati perilaku pengguna situs yang terhubung ke halaman, mereka dapat menentukan area perbaikan dan bahkan dapat menemukan sumber bounce rate yang tinggi.
Baca juga: Revenue Stream Adalah: Berikut Pengertian, Jenis, Manfaat dan Contohnya
Heatmpas
Alat heatmpas menunjukkan area layar yang paling banyak berinteraksi dengan pengunjung. Heatmap berwarna pada layar mewakili area situs yang diklik oleh pengguna dalam berbagai tingkat.
Area yang lebih gelap mewakili area yang sering dikunjungi sementara area yang lebih terang menunjukkan sebaliknya. Area yang tidak memiliki peta panas mewakili area layar yang mungkin dilewati atau diabaikan.
Survei kepuasan
Menanyakan pertanyaan langsung kepada pelanggan atau pengguna situs Anda adalah cara yang bagus untuk mengukur kepuasan pelanggan.
Tentukan apa yang paling ingin Anda ketahui saat menulis survei dan ajukan pertanyaan tentang pengalaman pengguna. Anda akan menerima tanggapan unik yang tidak mungkin dilakukan melalui penggunaan alat analitik, seperti perbaikan yang disarankan untuk situs dan hal-hal yang membuat pelanggan senang. Konversi terjadi ketika orang senang dengan pengalaman mereka.
Baca juga: 20 Buku Motivasi Terbaik Sepanjang Masa untuk Menginspirasi Anda
Cara mengoptimalkan conversion rate
Ada beberapa cara agar bisnis dapat mengoptimalkan situs webnya untuk menghasilkan lebih banyak konversi. Pengoptimalan conversion rate berfokus pada strategi yang meningkatkan conversion rate situs menggunakan lalu lintas situs yang sudah ada.
Untuk menerima lebih banyak konversi, Anda ingin melakukan beberapa hal untuk menguji situs web Anda:
- Prioritaskan landing page Anda
- Lakukan A/B testing
- Membangun kepercayaan
Selain itu, luangkan waktu ekstra untuk menguji lalu lintas situs web Anda.
Prioritaskan landing page Anda
Sebelum Anda menghabiskan uang untuk iklan berbayar, penting untuk mengetahui halaman situs web mana yang ingin Anda targetkan untuk konversi.
Banyak bisnis menggunakan beranda mereka sebagai landing page utama untuk iklan mereka, meskipun yang lain fokus pada halaman khusus yang dibuat untuk penjualan saat ini yang menampilkan semua item yang sedang dijual.
Baca juga: 9 Taktik Pemasaran Efektif untuk Tenaga Penjualan
Lakukan A/B testing
Ketika situs web Anda sudah menghasilkan banyak lalu lintas, A / B testing adalah cara cepat dan mudah untuk melakukan CRO. Buat dua jenis halaman arahan yang akan Anda sebut sebagai opsi A dan opsi B.
Kirim setengah dari lalu lintas Anda ke halaman A dan setengah lainnya ke halaman B. Perangkat lunak CRO online membuat proses ini sangat mudah.
Setelah Anda memutuskan elemen situs mana yang membuat dampak terbesar, cobalah bereksperimen dengan berbagai tes CRO. Penting untuk hanya mengubah satu elemen dengan setiap tes sehingga Anda tahu bahwa Anda dapat langsung mengaitkan kesuksesan dengan perubahan itu.
Beberapa contoh elemen yang dapat Anda ubah melibatkan kata-kata dari judul, tata letak dan deskripsi penawaran Anda, dan pilihan kata yang digunakan dalam ajakan bertindak Anda seperti “beli sekarang,” “belanja hari ini,” atau “ambil diskon sekarang.” Anda bahkan dapat menggunakan A/B testing dengan mengganti aset gambar atau video Anda untuk pemahaman yang lebih baik tentang apa yang menarik secara visual bagi audiens Anda.
Membangun kepercayaan
Ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan situs web yang dapat dipercaya. Pastikan Anda menempatkan “Tentang kami” atau informasi kontak di tempat yang terlihat.
Tunjuk seseorang yang dapat menanggapi pertanyaan online secara tepat waktu atau menerapkan pusat panggilan jika bisnis Anda menerima banyak pertanyaan. Sediakan ulasan pelanggan, cerita klien, atau studi kasus di situs Anda sehingga orang memiliki informasi yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan konversi dengan percaya diri.