15 Metrik Website Yang Harus Anda Evaluasi

Metrik dalam website adalah alat pengukuran yang dapat melacak kinerja online perusahaan Anda. Mereka dapat menunjukkan area situs web Anda yang berkinerja baik dan area apa yang perlu ditingkatkan. Mengetahui berbagai jenis metrik pada website dapat membantu Anda meninjau data situs web dan menentukan efektivitas organisasi Anda.

Dalam artikel ini, kami membahas apa itu metrik website memberikan daftar 15 metrik untuk digunakan, dan memberikan tips untuk meningkatkan efektifitas webiste Anda.

Apa itu metrik dalam sebuah website?

Metrik dalam website adalah berbagai pengukuran yang digunakan untuk melacak kinerja situs web. Bisnis melihat beberapa faktor untuk mendapatkan wawasan tentang pengunjung mereka, seperti biaya per konversi dan jumlah pengunjung yang kembali. Mempelajari perilaku pengunjung dan audiens utama mereka dapat membantu bisnis mengoptimalkan situs web mereka.

Mengapa metrik dalam website penting?

Metrik dalam website memungkinkan Anda melihat seberapa efektif situs web Anda dalam mengonversi pelanggan, atau membuat pengunjung melakukan pembelian. Metrik ini memberi tahu Anda apakah konten situs web Anda memenuhi persyaratan dan harapan pelanggan Anda. Beberapa manfaat menggunakan metrik meliputi:

  • Mengoptimalkan situs web Anda
  • Menentukan keberhasilan strategi pemasaran Anda
  • Mencari tahu minat pelanggan
  • Memprediksi tren masa depan berdasarkan data saat ini

15 metrik yang bisa diukur dalam sebuah website

Berikut adalah 15 metrik yang dapat mengukur kinerja situs web Anda:

1. Lalu lintas situs web

Lalu lintas situs web adalah jumlah total kunjungan ke situs web Anda dan mengukur kemampuan perusahaan Anda untuk menarik audiens. Peningkatan traffic situs web setelah memposting jenis konten tertentu dapat menjadi indikator untuk memposting konten serupa di masa mendatang.

2. Tingkat bouncing

Metrik bounce rate atau rasio pentalan memberi tahu bisnis jumlah pengunjung yang meninggalkan situs web segera setelah berkunjung. Metrik rasio pentalan yang lebih rendah berarti lebih banyak pengunjung yang tinggal di situs web Anda lebih lama dan memeriksa konten Anda.

Kunjungan yang lebih lama juga dapat berarti bahwa pengunjung telah menemukan layanan atau produk yang diinginkan di situs Anda, yang berpotensi mengarahkan mereka untuk berkonversi.

3. Halaman teratas

Metrik halaman teratas menemukan halaman di situs web Anda yang menghasilkan lalu lintas terbanyak. Mengetahui halaman berkinerja terbaik Anda dapat memberikan wawasan tentang apa yang disukai pengunjung Anda.

Misalnya, jika halaman teratas Anda adalah jenis posting blog tertentu, pertimbangkan untuk memposting posting blog yang serupa.

4. Tingkat konversi

Tingkat konversi adalah persentase konsumen yang melakukan tindakan yang diinginkan, seperti melakukan pembelian. Perusahaan yang menjual produk dapat mengukur jumlah pengunjung yang membeli sesuatu dari situs mereka. Untuk melacak tingkat konversi, bagi jumlah pengguna yang melakukan tindakan yang Anda inginkan dengan jumlah total pengunjung.

Misalnya, sebuah perusahaan yang mencoba membuat konsumen membeli sepatu kets baru mereka akan mengambil jumlah konsumen yang membeli sepatu kets dan membaginya dengan jumlah total pengunjung situs web mereka untuk mendapatkan tingkat percakapan. Jika 25 orang membeli sepatu kets dan 100 orang mengunjungi situs web, maka perusahaan akan melakukan perhitungan berikut:

25 / 100 = 0,25

Tingkat konversi akan menjadi 25%.

5. Customer lifetime value

Customer lifetime value (CLV) adalah total pendapatan rata-rata yang dihasilkan dari satu pelanggan. Anda dapat melacak customer lifetime value Anda dengan mengalikan total pesanan rata-rata seorang individu dengan jumlah rata-rata pembelian mereka dalam setahun.

Kemudian kalikan biaya akuisisi, atau harga untuk mendapatkan klien baru, dengan jumlah tahun Anda mempertahankan pelanggan, dan kurangi hasilnya dari jumlah total Anda.

Misalnya, seorang individu membeli makanan untuk dibawa pulang senilai 200.000 dari sebuah restoran selama 10 tahun dengan biaya perolehan sebesar 10.000. Untuk menemukan CLV, Anda akan melakukan perhitungan berikut:

200.000 x 10 = 2.000.000

10.000 x 10 = 100.000

2.000.000 – 100.000 = 1.900.000

CLV untuk pelanggan adalah 1.900.000.

6. Rata-rata waktu yang dihabiskan di website

Saat meninjau metrik Anda, pertimbangkan waktu rata-rata yang dihabiskan pengunjung di situs Anda dan di setiap halaman. Sangat ideal untuk menghabiskan lebih banyak waktu di situs Anda karena ini menunjukkan bahwa Anda memiliki informasi berharga, yang dapat membantu peringkat pengoptimalan mesin telusur (SEO) Anda dan meningkatkan lalu lintas web Anda.

7. Pengunjung yang kembali

Memeriksa jumlah pengunjung yang kembali dapat membantu Anda melihat seberapa baik situs Anda menarik dan mempertahankan pemirsa. Untuk menghitung pengunjung yang kembali, bagi jumlah kunjungan kembali dengan total kunjungan situs web Anda. Misalnya, jika Anda memiliki 4.000 pengunjung yang kembali dan total kunjungan situs web 10.000, Anda dapat melakukan hal berikut:

4.000 x 10.000 = 0,4

Pengunjung yang kembali akan menghasilkan 40% dari lalu lintas Anda.

Berikut adalah artikel menarik lainnya yang bisa Anda baca:

8. Biaya per konversi

Metrik biaya per konversi (BPK) mengevaluasi berapa biaya dalam iklan untuk mendapatkan pelanggan. Ini dapat membantu Anda menentukan seberapa efektif kampanye iklan dalam menciptakan konversi.

Untuk menghitung biaya per konversi, bagi biaya untuk menghasilkan lalu lintas dengan jumlah konversi. Misalnya, untuk kampanye iklan dengan biaya 100.000 dan menghasilkan 10 konversi, Anda akan membagi 100.000 dengan 10 untuk mendapatkan BPK sebesar 10.000.

9. Landing page

Halaman tempat seseorang mulai mengunjungi situs Anda adalah landing page atau laman landas. Metrik untuk halaman ini dapat menunjukkan kepada Anda berapa lama pengunjung tetap berada di halaman dan tombol apa yang paling sering mereka klik.

Landing page yang baik menarik audiens khusus yang tertarik dengan pasar Anda dan menawarkan sesuatu yang bernilai kepada konsumen, seperti e-book gratis, yang dapat mengubah pengunjung Anda menjadi pelanggan.

10. Exit pages

Exit pages adalah halaman di situs web Anda tempat pengunjung pergi. Seringkali, ini bisa sama dengan landing pafe, terutama jika Anda memiliki bounce rate yang tinggi. Jika Anda menemukan sebagian besar pengunjung Anda meninggalkan halaman yang sama, pertimbangkan untuk memperbarui halaman agar lebih menarik dan ramah pengguna.

Misalnya, jika Anda melihat pelanggan cenderung meninggalkan pesanan di tengah jalan, Anda mungkin membuat proses pemesanan lebih mudah untuk diselesaikan.

11. Jenis perangkat

Faktor lain yang perlu diperhatikan adalah jenis perangkat yang digunakan pengunjung Anda. Mengetahui jenis  perangkat paling populer untuk pengguna Anda dapat membantu Anda membuat situs web Anda kompatibel dan lebih mudah dinavigasi. Misalnya, penting untuk membuat situs yang sesuai untuk seluler jika banyak pengguna Anda mengunjungi melalui tablet atau ponsel.

12. Kecepatan halaman

Karena situs mesin pencari mempertimbangkan waktu pemuatan halaman dalam peringkat SEO mereka, penting untuk memiliki situs web yang memuat dengan cepat. Memiliki halaman yang dimuat dengan cepat dapat membantu meningkatkan peluang pengunjung untuk tetap berada di situs Anda.

13. Halaman per kunjungan

Metrik halaman per kunjungan adalah jumlah konten yang dilihat individu di situs web. Untuk meningkatkan metrik halaman per kunjungan Anda, pertimbangkan untuk menggunakan tautan internal.

Dengan menambahkan lebih banyak tautan ke halaman Anda yang lain, Anda dapat membuat siklus pengunjung membaca artikel terkait dan menghabiskan lebih banyak waktu di situs Anda.

Anda dapat menghitung rata-rata ini dengan membagi jumlah total tampilan halaman dengan jumlah total pengunjung. Misalnya, jika situs web perusahaan memiliki 1.500 tampilan halaman dan 150 pengunjung dalam satu hari, mereka dapat membagi 150 dengan 1.500 untuk mendapatkan 10 metrik halaman per kunjungan. Ini berarti bahwa rata-rata, konsumen mengunjungi 10 halaman web mereka.

14. Sumber trafik

Sumber lalu lintas menunjukkan dari mana pengunjung situs web Anda berasal, seperti tautan dari situs lain atau melalui hasil mesin telusur organik. Memahami sumber apa yang mendatangkan lalu lintas ke situs Anda dapat membantu Anda meningkatkan distribusi konten dan strategi pemasaran.

15. Berbagi sosial

Memiliki jumlah berbagi sosial yang tinggi dapat berarti konten Anda berharga dan audiens Anda berinteraksi dengan konten Anda. Biasanya, tombol berbagi sosial situs web memiliki penghitung yang memberi tahu Anda berapa banyak orang yang membagikan konten Anda di berbagai platform media sosial. Saat jumlah Anda tinggi, tombol berbagi sosial juga dapat menyampaikan kepada pengunjung lain bahwa sebuah artikel layak dibaca karena dibagikan.

Tips untuk meningkatkan berbgai metrik pada website

Berikut adalah beberapa kiat untuk membantu Anda meningkatkan metrik situs web Anda:

  • Kurangi distraksi: Untuk meningkatkan peluang konversi, hilangkan gangguan di situs web Anda. Misalnya, jika Anda ingin mendorong pengunjung untuk membeli produk setelah membaca ulasan pelanggan, sertakan hanya tautan untuk produk tertentu setelah ulasan alih-alih menambahkan lebih banyak tautan ke bagian lain situs Anda.
  • Buat judul yang menarik: Salah satu cara untuk mempertahankan rasio pentalan yang rendah adalah dengan menarik pengunjung dengan judul menarik yang membuat mereka ingin tetap berada di situs web Anda dan terus membaca postingan Anda.
  • Sederhanakan proses checkout Anda: Permudah jalur Anda menuju konversi dengan langkah sesedikit mungkin sehingga konsumen cenderung menindaklanjuti dengan tindakan yang Anda inginkan.
  • Berikan insentif: Untuk memotivasi pengunjung agar kembali ke situs Anda, dorong mereka dengan insentif, seperti entri blog baru atau penawaran khusus.

Kesimpulan

Itulah berbagai metrik dalam website yang harus Anda tahu dan tips dalam meningkatkan seluruh metrik yang bisa Anda ukur untuk mengoptimalkan website Anda atau bisnis Anda. Jadi, pastikan pemasaran melalui website Anda berjalan dengan baik dengan mengukur berbagai metrik di atas ya.

Ingin artikel seperti ini ada di website perusahaan Anda? Atau sedang mencari jasa penulis artikel? Hubungi kami melalui tautan ini.