Pengertian Cost Per Lead, Cara Hitung CPL, dan Contohnya
Bisnis menggunakan rumus cost per lead (CPL) untuk mengoptimalkan kampanye pemasaran dan memastikan efisiensi biaya. Metrik ini dapat membantu Anda memantau kampanye individu atau seluruh rencana pemasaran. Memahami cost per lead dapat membantu Anda menetapkan anggaran iklan atau pemasaran, menyediakan data penting untuk menghitung laba atas investasi (ROI).
Dalam artikel ini, kami menjelaskan cara menghitung CPL menggunakan rumus cost per lead, menunjukkan kapan harus menggunakan metode ini dan memberikan contoh serta tips untuk mengurangi CPL Anda.
Rumus cost per lead
Rumus biaya per lead adalah jumlah total uang yang dibutuhkan bisnis untuk menghasilkan satu lead. Untuk menghitung total biaya per lead untuk kegiatan pemasaran, Anda dapat menggunakan rumus:
Cost per lead = total pengeluaran pemasaran / jumlah prospek baru
Lead adalah seseorang yang kemungkinan besar akan menjadi pelanggan di masa depan. Sebagian besar prospek menemukan perusahaan melalui saluran pemasaran dan telah menyelesaikan tindakan tertentu, seperti memberi Anda informasi kontak mereka.
Uang yang dikeluarkan bisnis untuk memotivasi orang untuk menyelesaikan tindakan yang diinginkan adalah cost per lead.
Baca juga: Pengertian Biaya Konversi, Rumus Menghitungnya, dan Contohnya
Kapan menggunakan rumus cost per lead?
Bisnis yang menginvestasikan uang ke dalam iklan dan kampanye pemasaran untuk menghasilkan prospek, seperti membeli daftar pengguna atau membayar iklan, harus menentukan berapa banyak yang mereka habiskan untuk mendapatkan pelanggan baru dari aktivitas pemasaran mereka.
Menghitung CPL memungkinkan Anda untuk memahami bagaimana pengeluaran bisnis – terutama yang dialokasikan untuk menghasilkan prospek – berkontribusi untuk mendapatkan pelanggan baru. Beberapa contoh lain tentang kapan waktu yang tepat untuk menerapkan rumus cost per lead termasuk:
- Memahami rasio antara berapa banyak yang dibelanjakan perusahaan dan berapa banyak prospek yang diperolehnya
- Menentukan laba atas investasi pemasaran Anda
- Mengidentifikasi taktik pemasaran mana yang efektif, mana yang harus diterapkan dan mana yang paling mahal
Baca juga: Cost Per Acquisition: Pengertian dan Cara Menghitung CPA
Cara menghitung cost per lead
Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung cost per lead:
1. Tambahkan total biaya Anda untuk pemasaran dan periklanan
Untuk menentukan nilai cost per lead Anda, temukan jumlah total yang dihabiskan perusahaan untuk upaya pemasaran dan periklanannya. Untuk beberapa perusahaan, kegiatan seperti iklan media sosial, pemasaran melalui iklan radio atau televisi, dan kegiatan promosi lainnya yang berhubungan langsung dengan memperoleh prospek merupakan biaya dari upaya pemasaran mereka.
Berikut ini contohnya:
Sebuah bisnis menghabiskan 2.500.000 untuk iklan promosi, 1.00.0000 untuk pemasaran media sosial, dan 5.000.000 untuk acara merek promosi untuk memperoleh prospek baru setiap periode akuntansi.
Untuk menghitung total pengeluaran untuk pemasaran, perusahaan menambahkan jumlah yang dihabiskan untuk berbagai platform:
- Total pengeluaran untuk pemasaran = 2.500.000 + 1.000.000 + 5.000.000
- Total pengeluaran untuk pemasaran = 8.500.000
2. Tambahkan prospek baru
Setelah menentukan total pengeluaran Anda untuk upaya pemasaran dan periklanan untuk menghasilkan prospek baru, hitung jumlah prospek baru yang Anda peroleh selama periode yang Anda investasikan dalam aktivitas promosi Anda.
Dengan menggunakan contoh sebelumnya, asumsikan bahwa perusahaan memperoleh 1 1.250 prospek baru. Biaya aktivitas promosi adalah 8.500.000.
Baca juga: Mengenal Perbedaan Cost Control dan Cost Management
3. Bagilah biaya dengan prospek
Sekarang setelah Anda mengetahui jumlah total yang dibelanjakan organisasi untuk memperoleh prospek baru dan jumlah prospek baru yang diperolehnya dari upaya pemasarannya, Anda dapat menyelesaikan perhitungan Anda.
Bagilah pengeluaran iklan dengan jumlah prospek baru yang Anda peroleh dari aktivitas Anda. Dalam contoh yang sama, Anda dapat menghitung cost per lead dengan membagi 8.500.000 – biaya promosi – dengan 1.250, yang merupakan jumlah prospek baru yang diperoleh melalui upaya promosi. Dengan menggunakan persamaan ini, Anda mendapatkan 6800 sebagai cost per lead.
Tergantung pada sifat bisnisnya, 6800 per prospek mungkin merupakan harga yang wajar untuk upaya pemasaran jika prospek baru dan pelanggan melakukan pembelian dalam jumlah besar.
Setelah Anda memahami total cost per lead, Anda dapat mengevaluasi pendekatan pemasaran Anda untuk menentukan apakah Anda perlu merampingkan anggaran dan penerapan strategi Anda.
Tips untuk mengurangi cost per lead Anda
Untuk mengurangi cost per lead Anda, pertimbangkan tips berikut:
- Turunkan biaya per klik. Saat menggunakan konten iklan di situs web, pertimbangkan untuk membatasi jumlah iklan banner, iklan yang dapat diklik, dan fitur lain yang Anda sertakan untuk mengurangi biaya yang Anda bayarkan setiap kali pengguna mengklik iklan.
- Tingkatkan SEO Anda. Meningkatkan SEO dapat meningkatkan peringkat situs web dan membantu situs web perusahaan muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari, mendapatkan perhatian audiens Anda dan mendorong mereka untuk menjadi prospek.
- Meningkatkan konversi situs web. Jika perusahaan melakukan bisnis melalui saluran digital, blog atau situs web, cobalah meningkatkan konversi situs webnya dengan membuat materi yang menarik. Anda juga dapat membangun komunitas yang menawan dengan audiens Anda untuk memotivasi pengguna menjadi prospek.
- Temukan penyebab konversi yang tertunda. Analisis akun pengguna yang memerlukan beberapa langkah atau waktu yang lebih lama untuk dikonversi menjadi prospek. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengetahui bagaimana Anda dapat mengurangi waktu atau tindakan yang diperlukan prospek untuk menjadi pelanggan.
- Periksa kinerja kampanye. Nilai kinerja kampanye berdasarkan faktor seperti waktu biasanya prospek berinteraksi dengan merek, jenis perangkat yang mereka gunakan, dan di mana sebagian besar prospek terkonsentrasi. Lacak pola di seluruh audiens Anda, dan bereksperimenlah dengan mengubah iklan untuk fokus pada jam, perangkat, dan kelompok demografis yang berkinerja tinggi.
Baca juga: Sunk Cost: Pengertian dan 4 Contohnya yang Terjadi dalam Bisnis
Contoh menghitung cost per lead
Berikut adalah beberapa contoh penerapan rumus cost per lead:
Contoh 1
Meta Pvt Ltd. menjual layanan dengan biaya 500.000 dan tidak ada peluang tambahan untuk menjual layanan lainnya. Ini menghabiskan 6.000.000 untuk menghasilkan prospek dan mendapatkan 600 prospek baru. Berikut persamaan yang digunakan akuntan perusahaan:
- Cost per lead = 6.000.000 / 600
- Cost per lead = 100.000
Meskipun perusahaan mendapatkan 600 prospek baru, hanya 120 dari prospek tersebut yang berubah menjadi pelanggan yang melakukan pembelian atau satu dari setiap lima prospek.
Karena biaya perusahaan 500.000 atau lima prospek, untuk membuat satu penjualan 500.000, maka, perusahaan mungkin ingin menyesuaikan kampanyenya untuk menurunkan cost per lead atau meningkatkan tingkat konversi.
Contoh 2
ABC Corp. menjual produk yang memiliki harga eceran 10.000.000 tetapi hanya menghabiskan biaya 5.000.000 untuk membuatnya. Dengan margin keuntungan yang begitu besar, kemungkinan mampu menghabiskan 500.000 hingga 1.000.000 untuk melakukan satu penjualan.
Jika satu dari setiap empat prospek berubah menjadi penjualan, cost per lead bisa antara 125.000 dan 250.000. Sekarang perusahaan telah menentukan anggarannya untuk setiap cost per lead, perusahaan dapat mencari peluang kampanye iklan dan pemasaran yang sesuai dengan anggarannya.
Baca juga: Absorption Costing: Pengertian, Cara Hitung dan Contohnya
Contoh 3
Bridge Corp. telah menjalankan kampanye iklan bayar per klik di halaman blognya. Biaya kampanye 1.000.000 dan perusahaan memperoleh 50 prospek baru yang mengambil tindakan dan memberikan informasi kontak mereka. Untuk menghitung cost per lead, perusahaan dapat menggunakan rumus seperti ini:
Cost per lead = total pengeluaran pemasaran / jumlah prospek baru
- Cost per lead = 1.000.000 / 50
- Cost per lead = 20.000
Karena Bridge Corp. memiliki berbagai produk di halaman blognya dengan harga yang berbeda, ia dapat menghitung penjualan rata-rata untuk pelanggan, yaitu 100.000.
Jika satu dari setiap dua prospek menjadi pelanggan dan melakukan pembelian, maka setiap pembelian rata-rata dikenakan biaya 40.000. Perusahaan dapat melihat margin keuntungannya untuk menentukan aspek kampanye mana yang bekerja secara efektif dan aspek mana yang mungkin memerlukan penyesuaian kecil untuk mengurangi cost per lead.